logo blog
Selamat Datang Di Blog Tipsku Remajaku
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Tipsku Remajaku,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Cara Mengatasi Stress di Saat Kuliah

Tips Cara Mengatasi Stress di Saat Kuliah - Kuliah memang merupakan sesuatu yang menyenangkan. di kampus, kita bisa mendapatkan banyak teman, banyak pengalaman, banyak pengetahuan dan masih banyak hal hal lain yang bisa kita dapatkan. apalagi jika kamu mengikuti salah satu organisasi di kampus, pasti banyak pengalaman menyenangkan yang bisa kamu dapatkan. karena biasanya organisasi kampus itu sering melaksanakan kegiatan kegiatan yang bisa menambah pengalaman kamu. yah, walaupun tidak semua orang menyukai hal itu.

Tips Cara Mengatasi Stress di Saat Kuliah
Tips Cara Mengatasi Stress di Saat Kuliah
Namun, di balik semua kesenangan yang bisa kita dapatkan di kampus, stress di saat kuliah tidaklah dapat di hindari. tidak seorangpun bisa terhindar dari penyakit stress ini. stress bisa saja di sebabkan oleh banyak hal, misalnya saja karena deadline tugas kuliah yang banyak yang semakin dekat waktunya, waktu belajar yang kurang sehingga persiapan kamu kurang ketika akan menghadapi ujian, susah membagi waktu antara akademik dan organisasi, dan masih banyak hal lain yang mungkin menyebabkan kamu stress di saat kuliah.

Siapa yang tahan dengan stress, tak seorangpun kebal dengan penyakit stess. stress bisa mengganggu seluruh aktivitas keseharian kamu, baik di kampus maupun di kamar kos kosan. jika stress di biarkan, bisa berbahaya untuk kesehatan mental kamu, jangan sampai kamu justru mengalami sakit jiwa karena tidak mengatasi masalah stress ini. Bagaimana cara mengatasi masalah stress saat kuliah? sebenarnya banyak cara yang bisa kamu coba untuk mengurangi atau mengatasi stress di saat kuliah. nah, pada artikel ini, tipsku remajaku akan berbagi Tips cara mengatasi stress di saat kuliah.

Tips Cara Mengatasi Stress di Saat Kuliah

Nah, bagi kamu yang sedang mencari Tips mengatasi stress di saat kuliah, cobalah lakukan hal hal berikut ini untuk mengurangi stress kamu :

1. Tidurlah dengan Waktu yang Cukup

Sebagai mahasiswa, kamu di tuntut untuk tidur dengan waktu yang cukup. jangan biasakan diri terjaga hingga larut malam. ini yang biasanya terjadi di kalangan mahasiswa, selalu memaksa diri begadang hingga larut malam dengan alasan mengerjakan tugas kuliah. mulai sekarang, kurangilah kebiasaan seperti ini. orang dewasa, umumnya memerlukan waktu paling sedikit 8 hingga 9 jam per malam. perlu juga di ketahui, waktu tidur yang tidak cukup, berpotensi menimbulkan penyakit berbahaya, misalnya saja diabetes, obesitas, dan masih banyak penyakit lainnya. dengan waktu tidur yang cukup, ini akan mampu menurunkan level stress kita.

2. Makanlah Makanan yang Bergizi

Biasanya, mahasiswa, khususnya mahasiswa yang tinggal di kamar kos kosan, selalu mengkonsumsi makanan makanan yang instan (Junk Food), misalnya saja indomie dan minuman ringan. perlu kamu ketahui, makanan jenis ini bisa menurunkan level energi kamu, dan bisa mengurangi keefektivitasan tubuh menangani stress. cobalah sedikit demi sedikit kurangi makanan makanan instan, tetapi cobalah lebih sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi, misanya sayur, buah, dan makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

3. Olahraga dan Latihan Otot

Ketika seseorang mengalami stress, biasanya malas sekali untuk bergerak. padahal, menurut penelitian, sedikit gerakan saja dalam sehari bisa mengurangi stress kamu secara nyata. oleh karena itu, untuk mengurangi stress saat kuliah, cobalah dengan berolahraga. tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan joging di pagi hari maupun di sore hari sudah bisa membantu mengurangi level stress kamu.

4. Hindari Obat Suplemen Penambah Energi

Ini cukup penting yang harus kamu ketahui. biasanya, ketika kita lelah dan stress, selalu mengkonsumsi obat obatan yang bisa menambah gairah kembali, misalnya saja minuman yang mengandung kafein, atau pil vitamin tertentu. ini memang bisa membuat kamu lebih bersemangat dalam sekejap, tapi jika terlalu sering, ini akan berbahaya untuk kesehatan tubuh kamu.

5. Lakukan Sesuatu Yang Merupakan Hobby Kamu

Ketika banyak tugas kuliah, jadwal ujian yang banyak, terkadang seorang mahasiswa lupa untuk melakukan apa yang menjadi hobbynya. ini yang memicu terjadinya stress. sesibuk sibuknya kamu di kampus karena tugas dan kegiatan lainnya, sempatkanlah diri kamu untuk melakukan apa yang menjadi hobby kamu. paling tidak sekali atau dua kali dalam seminggu. misalnya kamu hobby main game, cobalah main game sesekali. ini jelas akan membantu mengurangi stress kamu.

6. Fokus Pada Tujuan Utama Kamu

Ketika menjadi seorang mahasiswa, seseorang biasanya sangat mudah untuk mengambil tanggung jawab yang melebihi batas kemampuannya. mengorganisir waktu antara kuliah, ekstrakurikuler dan kehidupan keseharian tidaklah mudah. untuk menghindari stress yang berlebihan, fokuslah pada tujuan utama kamu. jika tujuan kamu fokus dengan akademik, maka lakukan itu. jangan terlalu banyak mengikuti kegiatan di luar akademik yang berpotensi meningkatkan stress kamu. kamu boleh saja mengikuti satu atau dua organisasi di kampus kamu, tapi ingat, jangan terlalu banyak. jangan mencoba mengambil tanggung jawab di luar kemampuan kamu.

Nah, itulah Tips Cara Mengatasi Stress di Saat Kuliah yang bisa kamu coba. kuliah itu memang santai dan menyenangkan. tetapi sesekali pasti pernah juga mengalami stress. stress di saat kuliah adalah hal yang biasa, di sinilah kita di tuntut untuk bisa mengatasi masalah stress itu. semoga tips tips di atas bisa membantu kamu mengurangi stress di saat kuliah. semoga bermanfaat.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2015. Tipsku Remajaku - All Rights Reserved Proudly powered by Blogger